1. Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat dibutuhkan tubuh. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan unsur lain. Bila makanan yang dimakan setiap hari tidak bergizi, tubuh akan lemas. Hal itu membuat daya tahan tubuh prima, dan tubuh selalu bugar. Karena itu, usahakan selalu makan bergizi, yakni empat sehat lima sempurna.

 

  1. Istirahat Cukup

Rutinitas kerja yang padat membuat seseorang terkadang kurang istirahat. Misalnya saja, berangkat kerja jam 6 pagi, baru tiba dirumah jam 12 malam. Rutinitas kerja seperti itu atau sering begadang hingga larut malam, kurang baik. Salah satu dampak kurang istirahat adalah penurunan daya tahan tubuh. Untuk itu, agar daya tahan tubuh baik, istirahatlah yang cukup. Kebutuhan tidur orang dalam sehari sekitar 8 jam.

 

  1. Olahraga Teratur

Semua orang tahu manfaat olahraga. Dengan olahraga teratur, fisik kita semakin baik. Jika fisik baik, tentu daya tahan tubuh juga akan baik. Karena itu, lakukan olahraga teratur. Ketika berolahraga, lakukan dengan serius hingga bercucuran keringat. Jenis olahraga sesuaikan kemampuan tubuh masing-masing, misalnya senam, lari, tenis, sepak bola. Idealnya, olahraga dilakukan 3 kali sehari dalam seminggu.

 

  1. Hindari Pikiran Berat

Pikiran berat sangat mempengaruhi psikologis seseorang. Dalam kondisi pikiran yang berat, orang akan malas beraktivitas, nafsu makan menurun, sulit tidur, dan mudah emosi. Kondisi seperti itu, bila terus dibiarkan, akan menurunkan daya tahan tubuh. Karena itu, hindari pikiran berat. Kalaupun memang ada masalah rumit, segera carikan jalan keluar.

 

  1. Minum Vitamin

Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi bagi tubuh, tidak ada salahnya minum vitamin setiap hari. Sekarangini banyak tersedia vitamin yang telah dikemas sedemikian rupa sehingga praktis dalam penggunaannya. Hanya, jangan salah pilih. Pilihlah vitamin yang manfaatnya benar-benar telah teruji.

 

                                                                       

 

                                                                                    By: Diambil dari Majalah Kartini