Membuat Rimpi Pisang (Kiriman Lesa Mara Pepe XI IPA 2)

Pengantar : Rimpi pisang adalah makanan Orang Kalimantan Tengah, terkhususnya makanan khas Orang Dayak. Rasanya sangat manis dan lezat, apalagi kalau dibuat menjadi Rimpi pisang goreng, sangat enak, lebih enak dari pisang goreng biasa. Memang kandungan gizinya tidak sedberapa, bahkan hampir tidak ada, tapi Rimpi Pisang adalah makanan yang alami dan tidak menganggu kesehatan, tidak seperti halnya makanan – makanan instan yang dijual dipasaran yang mengandung berbagai zat kimia dan bahan pengawet yang dapat menganggu kesehatan. Rimpi Pisang sangat pas disajikan saat santai bersama teman atau keluarga. Selamat mencoba membuat Rimpi Pisang.

Cara Membuat Rimpi Pisang

1.    Sedia Buah pisang secukupnya.

2.    Kupas buah pisang tersebut dan di belah dua.

3.    Taruh pisang yang sudah dikupas ke alasnya,misal : menggunakan alas nyiru, tirai bambu, atau menggunakan alas yang lainya.

4.    Kemudian jemur pisang selama 2 hari,kalau sudah kering, balik pisang tersebut dan jemur lagi selama 2 hari. Kemungkinan besar, jika hari tidak panas Rimpi pisang akan kering selama 3 – 5 hari bahkan sampai 1 minggu, melihat kondisi cuaca.

5.    Dibawah tempat penjemuran Rimpi Pisang ditaruh api sebagai pengasapan menghindari kemungkinan serangga – serangga yang hingap.

6.    Sesudah jemuran Rimpi Pisang kering, angkat lalu simpan ditempat yang kering dan tertutup rapat.Simpan dalam stoples.

7.    Rimpi Pisang siap disajikan. Rimpi pisang dapat bertahan 3 – 4 bulan.

Sumber : Imelda ( My Grandmother )