SAYEMBARA CIPTA CERPEN REMAJA SE-KALIMANTAN TENGAH 2010

  1. LATAR BELAKANG

Bidang kesastraan merupakan salah satu aspek penting yang keberadaannya harus terus dibina dan didukung perkembangannya dalam masyarakat. Dalam proses pembinaan tentu saja dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya sastra, dirasa perlu diadakan kegiatan yang dikhususkan untuk mendukung perkembangannya. Kegiatan tersebut diharapkan bermanfaat dalam peningkatan apresiasi masyarakat terhadap karya sastra sebagai upaya untuk menanam nilai-nilai, sikap, dan kemampuan dasar mengembangkan kepribadian yang utuh dan mandiri bagi pelaku-pelaku di bidang kesastraan.

Peningkatan apresiasi sastra perlu terus ditingkatkan sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai,sikap,dan kemampuan dasar mengembangkan kepribadian yang utuh dan mandiri. Salah satu jenis karya sastra, yaitu prosa bentuk cerita pendek atau yang lebih dikenal dengan cerpen merupakan bentuk karya sastra yang dapat menelusuri nilai kehidupan. Remaja merupakan generasi yang dapat dibina dalam mengapresiasi sastra ditengah masyarakat. Dengan memiliki sikap positif terhadap sastra, diharapkan mereka juga mampu menelurkan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai moral yang terkandung didalamnya. Selain itu, apresiasi sastra dapat diharapkan menghasilkan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai moral serta peningkatan kemampuan penalaran dan kreativitas bagi remaja sehingga mereka memiliki kesanggupan untuk menciptakan sesuatu yang baru sesuai  dengan nilai-nilai bangsa.

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah sebagai lembaga yang turut serta dalam program pembinaan kebahasaan dan kesastraan Indonesia, dalam program tahun 2010 mengadakan kegiatan Sayembara Cipta Cerpen Remaja. Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan yang dilakukan untuk membangkitkan kepekaan sastra di kalangan remaja. Upaya ini relevan dengan situasi dan kondisi sosial,pergaulan,seta perkembangan remaja saat ini berkaiatan dengan arus budaya luar yang sangat deras memasuki sendi-sendi dalam masyarakat kita senagai dampak moderenisasi. Untuk itu, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2010, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Sayembara Cipta Cerpen Remaja Tahun 2010.

TEMA

Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra

PESERTA

Anak usia remaja dengan batas usia 12 s/d 19 tahun

KETENTUAN UMUM

  1. Cerpen merupakan karya pribadi/karya asli (bukan saduran/terjemahan)
  2. Cerpen belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun.
  3. Cerpen belum pernah diterbitkan di media mana pun.
  4. Tema cerita bebas, tidak mengandung unsur pornografi dan tidak menyinggung SARA.
  5. Ditulis dalam bahasa Indonesia; huruf Times New Roman 12; jarak antarbaris 1,5 spasi pada kertas HVS berukuran kuarto (A4) pada satu muka atau tidak bolak balik dengan lebar pias (margin) kiri 4 cm, pias kanan 2 cm, serta pias atas dan bawah 3 cm.
  6. Panjang cerita pendek tidak lebih dari 8 halaman.
  7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu judul cerita pendek.
  8. Naskah dibuat rangkap 3 dan dalam keping CD dikirimkan ke Balai Bahasa Provinsi Kalimantan tengah, Jalan Tingang km 3,5, Palangkaraya, 73111 paling lambat 31 Juli 2010.
  9. Dilampiri biodata dan fotokopi kartu identitas/kartu pelajar.
  10. Nama dan alamat harus ditulis lengkap, agar dapat dihubungi melalui POS, telepon atau faksimile.

Pemenang

  1. Diumumkan pada tanggal 12 Agustus 2010 melalui surat
  2. Sepuluh naskah terbaik akan diikutsertakan dalam Sayembara Cipta Cerpen Remaja Tingkat Nasional di Jakarta.
  3. Hadiah ialah uang pembinaan masing-masing Rp.500.000,00 dipotong pajak, dan buku-buku terbitan Pusat Bahasa.

Disalin dari Pusat Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah